Pemkab Gumas Dukung Penuh Kegiatan yang Positif dan Membangun

MMCGumas – Kuala Kurun – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Richard, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Gumas, Herson B. Aden, menghadiri kegiatan Lomba Lari 5K Tingkat Pelajar dan Umum Se-Kabupaten Gunung Mas serta Bazar UMKM, bertempat di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (09/08/2024).



“Kami mewakili Pemkab Gumas memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia, kegiatan lari 5k ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan di Kota Kuala Kurun ataupun Kab. Gumas,” ucap Richard ketika diwawancarai.



Dirinya berharap kegiatan tersebut kedepannya bisa berlanjut atau bahkan membuat event yang lebih besar lagi, dikarenakan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dan banyaknya peserta yang mendaftar dari luar daerah.



“Kegiatan seperti ini juga mempunyai dampak kepada hal-hal lainnya, bisa kita lihat dengan ramainya pedagang asongan ataupun stand UMKM yang berjualan sehingga ini membuat dampak positif untuk geliat ekonomi yang ada di Kota Kuala Kurun,” jelasnya.



Richard juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi ajang pencarian bibit-bibit muda yang mempunyai bakat dalam hal olahraga khususnya untuk lomba lari.



Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana kegiatan Lomba Lari 5K Tingkat Pelajar dan Umum Se-Kabupaten Gunung Mas serta Bazar UMKM, Binartha Obin, menerangkan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya sekedar ajang unjuk kebolehan dari masing-masing peserta, akan tetapi bisa menjadi ajang silahturahmi sesama masyarakat maupun para atlet pelari. Kegiatan ini pula termasuk semangat resolusi sehat bugar, sebagai bentuk apresiasi dan wadah bagi para atlet serta pecinta olahraga lari pada umumnya.



“Kegiatan ini juga menghadirkan pula Bazar UMKM yang bertujuan memperkenalkan produk-produk UMKM kepada seluruh masyarakat lokal, baik yang bertindak sebagai konsumen maupun para pelaku ekspor atau pelaku perdagangan dalam negeri, meningkatkan akses pasar, serta sebagai upaya membentuk kelembagaan UKM/IKM dengan jenis usaha yang sama agar dapat saling memperkuat dan berbagi informasi guna peningkatan daya saing bersama,” tandasnya.



Adapun peringkat 1 kategori umum putra diraih oleh Melky Shara Simon Pananto, peringkat 2 Saifullah, peringkat 3 Mursid, peringkat 4 Rafii Ahmad dan peringkat 5 Pranyoto. Kategori umum putri peringkat 1 diraih Rita Purnama Sari, peringkat 2 Sindi Apriliani, peringkat 3 Rossa Amelia, peringkat 4 laelia serta peringkat 5 Yulia Hasvi Maya Suraya Dese.



Kategori pelajar putra peringkat 1 diraih oleh Aldiansyah, peringkat 2 Malik Aziz, peringkat 3 Nasrudin, peringkat 4 Fauzan Azima dan peringkat 5 M Rasya. Kategori pelajar putri peringkat 1 diraih oleh Natalia, peringkat 2 Eunike Viona, peringkat 3 Istiqomah, peringkat 4 Oktajonia Triana dan peringkat 5 Yunisa Katrina.            



Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda atau yang mewakili, Kepala Perangkat Daerah terkait atau yang mewakili, Camat dan tamu undangan lainnya.