TERJADI INSIDEN KEBAKARAN MUATAN DI DEK 5 BAGIAN LUAR KM NGGAPULU / A CARGO FIRE INCIDENT OCCURRED ON THE OUTER PART OF DECK 5 OF KM NGGAPULU

Pada hari ini Senin, tanggal Lima bulan Agustus tahun Dua Ribu Dua Puluh Empat KM. Nggapulu posisi 03.48,2 S/128.00,5 E (1.5 NM Tanjung Alang), sekitar Satu jam lagi kapal tiba di pelabuhan Ambon, telah terjadi insiden kebakaran di deck 5 bagian luar sebelah kiri yang didahului oleh bunyi alarm kebakaran di Anjungan dan Mualim Jaga / Mualim - II Sr langsung memerintahkan Anak Buah Kapal untuk mengecek ke lokasi tersebut. Selanjutnya langsung melaporkan kejadian tersebut ke Nakhoda.



Adapun Kronologi Kejadian Sebagai Berikut:




  1. Pada Jam 17.00 LT: Alarm Kebakaran di Anjungan berbunyi kebakaran di Deck 5 Bagian luar sebelah kiri.



Perwira Jaga langsung memerintahkan Satpam dan ABK untuk mengontrol di Deck 5 Bagian Luar Sebelah Kiri. Satpam Melaporkan ada asap bersumber dari di deck 5 luar sebelah kiri.




  1. Pada Jam 17.01. LT: Mualim Jaga Melaporkan ke Nakhoda bahwa ada kebakaran di Deck 5 bagian Luar Sebelah kiri. Mualim Jaga Memanggil Melalui PA (Public Adressor) Regu Darurat Segera menuju ke lokasi kebakaran untuk Memadamkan Api. Semua Regu Kebakaran diatas kapal segera membantu untuk melakukan pemadaman.

  2. Pada Jam 17.11 LT: Api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. : Regu Pemadam terus melakukan pendinginan di lokasi Kebakaran sampai dipastikan tidak ada lagi sumber panas dan asap yang tersisa.

  3. Pada Jam 17.12 LT: Regu Pemadam terus melakukan pendinginan di lokasi Kebakaran sampai dipastikan tidak ada lagi sumber panas dan asap yang tersisa.