Ini Risiko Jika Banyak Makan Daging

Risiko Jika Makan Daging Terlalu Banyak



Dikutip dari laman detikFood, ada lima efek samping terlalu banyak makan daging

1. Berat Badan Naik



Daging merah layaknya daging sapi benar menyehatkan, namun tidak bisa dikonsumsi terlalu banyak. Jika banyak makan daging, kalori yang masuk juga banyak dan berat badan naik.



Tipsnya dengan memilih bagian daging yang kandungan lemak sedikit, seperti sirloin (has luar), tenderloin (has dalam), dan bagian leher. Maka tidak boleh terlalu banyak protein yang masuk, cukup 100 gram dalam sehar

2. Nafas Bau dan Tidak Segar



Daging yang dikonsumsi berlebihan menyebabkan aroma nafas tidak segar pada mulut. Sebab tubuh menghasilkan amonia, yang mana aroma tersebut sumber bau tidak sedap.



Selain itu, daging yang dikonsumsi berlebihan juga menyebabkan bau badan dan keringat yang berlebih. Hal ini dikenal dengan sebutan thermogenesis, yang mana suhu tubuh menjadi naik.



. Meningkatkan Kolesterol

Penyakit kolesterol jadi salah satu ancaman yang terjadi jika kebanyakkan mengonsumsi daging. Terlebih lagi bagi penderita dengan riwayat kolesterol darah tinggi.

Dari penelitian American Heart Association, disarankan untuk meminum minuman yang menurunkan kolesterol. Ada teh hijau, teh hitam, dan susu kedelai jika banyak makan daging.



4. Sembelit atau Kesulitan Buang Air

Jika terlalu banyak makan daging tanpa asupan serat yang seimbang bisa menyebabkan sembelit. Kondisi yang tidak nyaman ini terjadi karena saluran pencernaan yang lambat atau sulit mencerna.



5. Meningkatnya Risiko Kehilangan Penglihatan

Mengonsumsi daging merah terlalu banyak meningkatkan risiko degenerasi makula terkait usia. Ini adalah penyebab kebutaan nomor satu di antara lansia di Amerika.

Mengutip dari Bustle, kondisi tersebut disebabkan karena lemak jenuh dalam daging berbahaya. Terutama pada pembuluh darah kecil di mata.