Jalan Nasional Penghubung Sumut-Aceh Putus Total, Pemkab Pakpak Bharat Lakukan Penanganan Cepat

Pemkab Pakpak Bharat telah berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional di Medan sejak awal musibah ini terjadi, dan pihak BBPJN telah mengirimkan tim serta peralatan penanganan darurat.



"Tim BBPJN telah tiba pukul 04.00 dini hari tadi, mereka juga membawa beberapa boks culvert untuk dipasang di lokasi jalan yang amblas menunggu perbaikan secara permanen. Hari ini mereka telah mulai bekerja, mudah-mudahan jalan penghubung dua Provinsi ini bisa segera normal Kembali," terang Augusman, Selasa (27/2/2022).



Perbaikan jalan penghubung Sumut Aceh



Hujan deras yang berkepanjangan beberapa hari terakhir mengakibatkan jalan nasional penghubung Sumatera Utara – Aceh terputus total di Dusun Cubancer, Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Senin (16/9/2022).



Pantauan di lokasi terlihat tim gabungan BPBD, TNI/Polri, Dinas PUTR HUB, personil Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, dibantu masyarakat Desa Kaban Tengah terus berjibaku mengatasi musibah longsor ini.



Usai melakukan upaya normalisasi dan pemasangan boks culvert oleh pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional, serta normalisasi jalan, kondisi jalan Nasional sudah mulai dapat dilalui Kendaraan sejak siang dengan menggunakan skema buka tutup.Para petugas dari Kepolisian dan TNI dibantu oleh petugas Dinas Dinas PUTR dan Perhubungan Pakpak Bharat terlihat mengatur lalu lintas kendaraan yang akan menuju Aceh dan sebaliknya.



perbaikan jalan penghubung Sumut Aceh usai amblas



Hujan deras yang berkepanjangan beberapa hari terakhir mengakibatkan jalan nasional penghubung Sumatera Utara – Aceh terputus total di Dusun Cubancer, Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Senin (16/9/2022).



"Kami juga telah memberikan himbauan dan peringatan dini kepada masyarakat, agar bersabar, saya dan tim akan tetap dilapangan membantu penanganan, ini sesuai petunjuk bapak Bupati agar selalu mengupayakan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam segala situasi dan kondisi, terutama dalam kondisi kedaruratan seperti ini,"ujarnya.



"Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, di mana daerah kita memang tergolong rawan bencana longsor dikarenakan kondisi geogerafis daerah ini, segera laporkan kepada kami bilamana terjadi bencana longsor untuk segera kita lakukan upaya penanganan,"pungkas Augusman Padang.



sumber :https://medan.tribunnews.com/2022/09/27/jalan-penghubung-sumut-aceh-putus-total-pemkab-pakpak-bharat-lakukan-penanganan-cepat?page=2.