Penyebab outdoor ac selalu nyala

Masalah yang menyebabkan mesin outdoor sering hidup dan mati secara tidak teratur.



Mengatas masalah pada mesin outdoor AC yang mengalami ON OFF atau sering mati hidup harus dilakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kemudian cara penangananya.  Kejadian seperti ini sangat sering terjadi tidak hanya menimpa pada mesin AC merk  tertentu saja bahkan hampir semua merek juga pernah mengalaminya. 



ANALISIS PENYEBAB SERTA CARA MENGATASI MASALAH OUTDOOR AC HIDUP DAN MATI SENDIRI



*1 Periksa timer apakah sedang aktif 



Pengguna masih banyak yang kurang memahami bahwa fitur timer kadang secara tidak sengaja terpencet sehingga menjadi aktif atau memang lupa untuk mematikan timer. Untuk memastikan fitur timer off maka pada mesin indoor (lampu) timer berkedip. Bagi yang kurang paham seting pada remote ac untuk memastikan timer maka dapat melekukanya dengan cara mencabut stop kontak selama 3 sampai 5 menit kemudian dipasang kembali. Berikutnya lepaskanlah baterai pada remote ac dan pasang kembali untuk melakukan restart. 



*2. Memeriksa status thermistor AC apakah rusak atau lemah



Thermistor adalah perangkat yang berfungsi untuk mengelola suhu secara otomatis pada mesin AC sehingga apabila mengalami kerusakan maka resikonya ialah menyebabkan kompresor AC bisa hidup dan mati sendiri. Cara terbaik untuk menguji thermistor adalah ketika thermistor terhubung ke controller lakukan pengecekan dengan multi meter dalam mode VDC, Lalu pasang kabel probe pada sambungan thermistor. Pada suhu kamar anda akan menerima 5VDC ini berarti bahwa tidak ada sambungan atau tahanan pada thermistor. 



*3 Tekanan Rerigerant berkurang



Freon ac berkurang juga dapat memicu masalah mesin sering on/off bahkan bisa anda rasakan langsung pendingin tidak bisa berlangsung cepat . Bagaimana freon bisa berkurang juga dipicu oleh beberapa hal berikut: 



    A. Ada kebocoran halus pada pipa instalasi, evaporator, atau kondesor.                                                                                                                                                                                                  B.  Nepel kendor akibat getaran mesin.                                                                                                                                                                                                                                                           C. Penyambungan pipa yang tidak sempurna.



*4 Periksa pada switch On/Off pastikan tidak ada yang masalah fisik 



Jika pernah membuka dan mengembalikan penutup indoor AC menyadari bahwa casing bisa menekan atau menjepit bagian tombol on/off. Kemudian pda soket juga seing luput dari perhatian sehingga poisisinya kendor atau membuat sensor kurang responsif. 



*5 Kerusakan pada PCB modul 



Analisis terakhir ketika anda medapati mesin outdoor AC seringkali mati hidup ialah pada PCB modulnya. Hal-hal yang dapat membuat bagian ini eror atau rusak adalah semua dipicu oleh tengangan listrik seperti akibat konsleting, lonjakan tegangan, bahkan sambaran petir ialah yang paling rawan.  Pengguna stabillizer ialah langkah antisipasi untuk menjaga kemungkinan terjadinya naik turun tegangan yang sangat beresiko bagi semua perlatan elektronika serta jangan lupa selalu memeriksa sekering masih normal untuk menjegah korsleting listrik. 



 



JIKA ANDA PUNYA MASALAH PADA PCB SILAHKAN HUBUNGI KITA 082361623838



lAYANAN BERGARANSI DAN TEKNSI YANG HANDAL.