CARA MENGISI FREON AC DENGAN BENAR DAN TEPAT

Hai guys. Jika kamu membaca artikel ini pasti lagi bingung ya? mau ngisi freon ac tapi gatau cara yang tepat. Jangan khawatir. yuk simak nih tulisan saya.



Sebelum memasuki inti pembahasan sebaiknya kalian harus tau terlebih dahulu jeni-jenis gas pendingin (freon). setidaknya ada 3 jenis freon yang paling populer dan sering digunakan pada ac yaitu : R22, R32, dan R410A. Ketiga gas pendingin itu memiliki tingkat kepadatan gas yang berbeda-beda. Bukan hanya itu saja. prosedur pengisian nya pun berbeda satu dengan lainya. bukan mengisinya tapi cara pengisianya yang berbeda.  Berikut ini cara mengisi freon pada ac. 



1. Pasang MANIFOLD kepentil kompresor atau outdoor 



Langkah pertama ini adalah membuka tutup pentil dan memasang selang manifold kekompresor. caranya sangat gampang, yaitu dengan memasang satu selang manifold kekompresor dan memasang selang kedua ketabung freon.



Untuk jenis freon R32 R410A sebaiknya kamu menyiapkan juga sambungan ujung manifold yang sesuai dengan ukuran tutup pentil pada ac jenis freon R32  R410A . Karena ukuran ujung selang akan lebih besar dari freon R22. 



catatan : ketika selang monifold sudah terpasang, maka buka putaran ditabung gas freon (posisi katub terbuka)



2. Lakukan pengisian freon secara perlahan 



Jangan buru-buru dalam mengisi freon. lakukan dengan pelan dan santai. buka katup monifold dan perhatikan jarum tekanan yang akan naik.  Jangan sampai terlalu cepat mengisi, jangan membuka bukaan manifold secara penuh, cukup buka sedikit ,tahan lalu tutup kembali. Lakukan pengisian ini dengan hatihati. Santai saja dan jangan tergesah-gesah. ketika pengisian sudah ada diangka 30-40 psi maka pipa ac akan mengeluarkan es. Namun tidak jangan panik karena merupakan hal yang wajar.  Isi saja terus sampai esnya hilang, nanti ketika jarum sudah diatas 40 psi. maka es yang ada pada pipa akan hilang dengan sendirinya. 



3. Tekanan freon disesuaikan dengan PK ac dan ampere kompresor ac



Sebelum memutuskan tekanan freon yang akan diisi, sebaiknya kalian mengetahui dulu PK dari ac tersebut. bisa juga menggunakan tang ampere, ini supaya kamu mengetahui batas ampere maksimal dari ac tersebut sehingga bisa disesuaikan dengan tekanan freon.  Jika ac kamu memiliki ukuran 0,5 PK maka sebaiknya kamu isi dengan tekanan maksmial 60-70 psi, jika 3/4 dan 1 PK maksimalmya adalah 80-90 psi. Namun sekali lg, sebaiknya kamu juga membuat patokan ini berdasarkan ampere dari kompresor, karena jika ampere melebihi batas yang ada maka kompresor bisa saja overload dan eror. Untuk tekanan freon R32 R410A berkisar antara 120 psi sampai 160 psii. sekali lagi gunakan tang ampere untuk memastikannya.



 



Pusat layanan pengisian freon terpercaya dan profesional 



CV. NETRAL SERVICE



Hub : 082261623838, 082266623838