Kenapa Rice Cooker Tidak Panas? Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Beberapa alasan kenapa rice cooker tidak panas di antaranya karena komponen pemanas yang rusak, kabel listrik atau saklarnya. Bila kamu sedang menemukan masalah serupa, berikut ini penyebab rice cooker tidak panas dan solusinya.



Rice cooker atau magic com atau magic jar merupakan alat elektronik yang membantu tugas manusia untuk memasak dan menghasilkan nasi berkualitas terbaik.



Mekanisme utama untuk mengubah beras menjadi nasi pada rice cooker yaitu air dan sistem pemanasan khusus. Sistem pemanasan ini juga membantu menghangatkan nasi untuk beberapa jam.



Namun, bagaimana bila Sahabat CUCKOO menemukan rice cooker tidak panas? Tentu saja menjengkelkan, bukan? Oleh karena itu, mari simak alasan kerusakan dan cara memperbaiki rice cooker yang tidak panas.



1. Kabel Listrik



Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa bagian kabel listriknya. Periksa kabel tersebut menggunakan avometer bila ada.



Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh apakah ada kabel yang terputus atau aus. Pasalnya saat kabel sering dibengkokan atau diperlakukan dengan kasar, maka kabel tersebut jadi cepat rusak dan aus. Kondisi ujung kabel yang longgar juga bisa menjadi penyebab kenapa rice cooker tidak mau panas.



Gunakan avometer atau multimeter untuk mengetahui apakah kabel tersebut masih berfungsi normal atau sebaliknya. Apabila kamu menemukan kabel listrik tidak mengalirkan arus listrik maka itulah yang jadi penyebab rice cooker rusak



2. Saklar



Bila kabel berfungsi normal, maka komponen selanjutnya yang perlu kamu periksa adalah bagian saklarnya. Saklar berperan sebagai penghantar panas yang baik yang dibutuhkan elemen pemanas.



Setiap rice cooker memiliki elemen pemanas yang berbeda, ada yang memiliki satu elemen pemanas atau dua elemen pemanas. Sebanyak apapun pemanas yang dimiliki tapi saklarnya kurang berfungsi maka arus listrik akan sulit didapatkan elemen pemanas tersebut.



Dengan begitu, elemen pemanas tidak dapat menghadirkan suhu tinggi untuk memasak nasi.



3. Sekering



Penyebab lainnya yaitu kerusakan pada bagian sekring. Letak sekering termal berada di salah satu kabel yang terhubung langsung dengan terminal untuk elemen pemanas.



Umumnya komponen sekering ini akan tertutupi tabung isolasi karet berwarna putih. Tabung tersebut bisa digeser.



Kemudian bila kamu melepas insulasinya maka kamu menemukan silinder kecil yang memiliki kabel di bagian kedua ujungnya. Komponen tersebut yang disebut sekering termal.



Saat sekering terbakar, maka sirkuit arus listrik secara otomatis terputus permanen dan tidak dapat memanaskan nasi lagi. Tanda sekering rusak yaitu terdapat warna hitam di sekitar area bagian atas.



4. Termostat



Komponen termostat hampir sama dengan sekering. Termostat juga sering disebut pembatas suhu. Fungsinya untuk mengontrol elemen pemanas supaya tidak terlalu tinggi suhunya. Jadi, saat nasi sudah matang sempurna maka status memasak akan pindah ke warm dan termostat bekerja mengontrol elemen pemanas.



Bentuk termostat sendiri silinder logam berukuran tebal. Komponen ini berada di bagian tengah elemen pemanas pada pegas. Bila termostat rusak, maka elemen pemanas akan mati



5. Elemen Pemanas



Penyebab kerusakan sistem pemanasan di rice cooker yang krusial terletak pada elemen pemanasnya. Peran elemen pemanas untuk memanaskan air pada beras agar mengubah beras menjadi nasi.



Biasanya kerusakan elemen pemanas terletak pada kesalahan tegangan listrik. Misalnya tegangan normal 220 volt akan tetapi saat elemen pemanas rusak maka tegangan yang ada berkurang misalnya 110 volt.



Untuk memeriksa komponen tersebut, kamu bisa mematikan sumber kelistrikan dari rice cooker tersebut. Lalu lepaskan panel di bagian bawah menggunakan obeng. Cari komponen berbentuk bukan persegi panjang yang memiliki dua tab logam menonjol. Komponen tersebut yang disebut elemen pemanas.



Untuk mengetahui tegangan elemen pemanas tersebut, kamu bisa menggunakan multimeter untuk mengetahui apakah ada kekurangan tegangan pada elemen pemanas atau tidak.