Ini Dia Kerusakan Dispenser yang Paling Sering Terjadi

Perawatan yang tepat adalah kunci agar dispenser bertahan lebih lama. Tips merawat dispenser pun dibutuhkan untuk mewujudkan itu semua. Meski perawatan seperti ini mampu memperpanjang usia dispenser, kerusakan tidak bisa sepenuhnya dihindari. Kerusakan seperti ini biasa muncul seiring dengan bertambahnya usia dispenser. Berikut beberapa kerusakan dispenser yang kerap terjadi.



1. Air Tidak Panas Atau Dingin

Masalah seperti ini biasanya muncul akibat adanya kerusakan pada komponen di dalam elemen pemanas dispenser. Penyebab kerusakan ini pun beragam. Bisa karena ada kabel terputus, bimetal suhu putus atau kerusakan pada tabung pemanas. Namun jika dispenser tidak bisa mengeluarkan air dingin, bisa jadi ini karena ada kerusakan pada termostat.



2. Dispenser Bocor

Ada 3 penyebab utama dispenser bocor. Ketiganya adalah adanya kerusakan pada keran dispenser, kerusakan pada pipa atau selang dispenser atau galon air yang memang bocor. Jika dispenser Anda mengalami masalah seperti ini, Anda bisa fokus pada ketiga penyebab tersebut. Agar dispenser mampu bertahan lama, jangan lupa juga untuk menerapkan tips merawat dispenser secara menyeluruh.



3. Lampu Indikator Mati

Matinya lampu indikator ini memang tidak selalu menjadi masalah yang serius. Karena dalam beberapa kasus, kerusakan ini biasanya hanya terjadi pada lampu indikator. Tidak ada kerusakan pada kemampuan memanaskan atau mendinginkan air. Meski demikian, Anda tetap harus melihatnya secara keseluruhan. Apakah benar hanya lampu indikator saja yang mati atau ada beberapa fungsi dispenser yang juga bermasalah. Jika hanya lampu indikator saja yang mati, ini bisa disebabkan karena adanya kerusakan rangkaian listrik, khususnya yang berhubungan dengan lampu indikator dispenser.



Masalah lain yang juga kerap terjadi pada dispenser adalah mati total meski kabel telah terhubung dengan sumber tegangan. Jika ini yang terjadi, kemungkinan ada kabel yang putus di dalamnya atau ada kerusakan pada saklar. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada masalah yang jauh lebih serius. Agar semua masalah ini tidak terjadi, tentunya Anda perlu menerapkan tips merawat dispenser. Tips ini akan membantu Anda memaksimalkan masa pakai dispenser. Kualitas dispenser juga mempengaruhi masa pakainya. Untuk itu, pastikan untuk memilih dispenser berkualitas seperti dispenser Sharp.