4 Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar – Pada unit outdoor AC, terdapat komponen bernama kondensor yang merupakan bagian paling panas pada sistem AC split. Kondensor AC sendiri berfungsi untuk menurunkan temperatur refrigerant (freon) dan mengubah wujud refrigerant dari gas menjadi cair.



1.  Kapasitor Kipas Rusak



1. Kapasitor Kipas Rusak



Penyebab pertama mengapa kipas outdoor tidak berputar ialah karena kapasitor sudah rusak. Fungsi kapasitor AC ialah untuk membantu putaran motor kipas pada awal dinyalakan, sehingga bunyi start motor listrik menjadi lebih halus.Kapasitor kipas outdoor biasanya berukuran antara 1-2 mikro. Cara kerja kapasitor kipas yaitu dengan memanfaatkan muatan listrik yang disimpan untuk dialirkan ke kumparan motor listrik, sehingga motor kipas outdoor berputar.Jadi, ketika kapasitor ini rusak, maka kipas outdoor tidak akan berputar. Maka dari itu, untuk mengatasinya silahkan ganti kapasitor fan dengan yang baru, Anda bisa membeli kapasitor kipas AC split di toko elektronik dengan harga sekitar Rp. 15.000.-



2. Motor Kipas Bermasalah



2. Motor Kipas Bermasalah



Penyebab lainnya yang memungkinkan memicu kerusakan pada fan outdoor AC di rumah ialah motor fan itu sendiri. Penyebab motor kipas tidak berputar biasanya disebabkan karena kotor sehingga membuatnya tidak berputar.Bisa jadi dinamo kipas AC rumah tersebut tertutup debu atau mungkin terdapat sarang semut. Dinamo kipas ini berfungsi untuk memutar baling-baling agar mengeluarkan udara yang akan mendinginkan kondensor.Jadi ketika motor kipas tidak berputar, maka baling-baling kipas juga tidak akan berputar. Untuk mengatasi hal tersebut,  silahkan buka cassing outdoor, lepaskan motor kipas dan bersihkan sampai tidak ada debu yang menempel.



3. Start Kapasitor Tidak Berfungsi



3. Start Kapasitor Tidak Berfungsi



Start kapasitor tidak berfungsi dengan baik juga menjadi penyebab lain kipas tidak berputar. Seperti yang sudah, kami jelaskan di atas bahwasanya pada motor kipas terdapat kapasitor sebagai komponen pembantu putaran pertama dinamo.Ketika start tidak berfungsi, maka dinamo kipas AC rumah tidak mendapatkan supply dorongan putaran pertama. Hal ini mengakibatkan poros motor kipas tidak dapat berputar, sehingga komponen unit outdoor tidak berfungsi dengan baik.Apabila masalah ini terjadi pada AC di rumah Anda, maka solusinya yaitu dengan mengganti kapasitor AC. Lakukanlah service AC rumah dengan rutin agar komponen seperti kapasitor kipas outdoor lebih terawat.



4. Kabel Motor Kipas Outdoor AC Putus



4. Kabel Motor Kipas Outdoor AC Putus



Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan kipas outdoor AC tidak mau berputar ialah adanya kabel yang putus pada dinamo kipas itu sendiri. Jika ada kabel dari unit indoor ke outdoor yang putus, maka rotor tidak dapat berputar.Cara untuk mengatasi hal ini terbilang cukup mudah, cukup sambung kabel yang putus tersebut. Kemudian cek dengan multitester dan jika semua sudah beres, maka silahkan pasang kembali motor fan outdoor tersebut.