Ini 7 Penyebab AC Jadi Tidak Dingin

Jakarta - AC atau Air Conditioner merupakan alat pendingin ruangan. Biasanya sering digunakan ketika pada siang hari saat udara terasa panas.

Namun, kamu terkadang mendapati AC jadi terasa kurang dingin. Bisa jadi AC kamu lagi bermasalah. Hal itu akan terasa sangat menjengkelkan karena ruangan akan terasa panas dan gerah.



Nah, sebelum kamu memanggil tukang servis AC, ada baiknya kamu mengenai apa saja penyebab AC tidak dingin. Berikut daftanya



Penyebab AC tidak dingin

1. Sumbatan pada filter udara

Jika AC kamu mulai terasa kurang dingin maka bisa jadi filter udaranya tersumbat. Pada kasus ini, Aliran udara nggak bisa mengalir dengan benar kemudian mengurangi kapasitas pendinginan AC. Untuk mengatasinya, segera bersihkan filter udara atau ganti dengan yang baru.



2. Kumparan yang kotor

Jika AC tidak dingin, kumparan kondensor mungkin penuh dengan kotoran. Pada AC, kondensor ibarat radiator yang membuang panas (yang dikeluarkan dari udara). kumparan kondensor harus bersih untuk menghilangkan panas di luar. Ketika kumparan semakin kotor, AC menjadi kurang efisien sehingga harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.



3. Cairan Pendingin kurang (freon)

Cairan pendingin bersirkulasi melalui kumparan evaporator kemudian mendinginkan udara yang mengalir di atasnya yang akhirnya mengeluarkan udara sejuk ke dalam ruangan. Jadi ketika level cairan pendingin ini tak mencukupi, AC pun jadi nggak mampu mendinginkan ruangan. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan jasa tukang AC untuk mengisi ulang cairan pendingin.



4. Kompresor rusak

Kompresor adalah jantung dari AC, mereka yang bertanggung jawab untuk mendinginkan udara di ruangan. Kompresor adalah motor yang memampatkan cairan pendingin kemudian diedarkan melalui kumparan evaporator dan kondensor. Jika AC tidak dingin, kemungkinan kompresornya rusak.



5.Termostat rusak

Termostat adalah sensor yang mendeteksi suhu ruangan lalu memberi petunjuk kepada kompresor untuk memulai atau menghentikan siklus pendinginan. Jika termostat rusak, AC tidak bisa dingin atau mungkin dingin terus tanpa henti.



6. Remote AC Rusak

Ada juga kalanya remote AC yang rusak, remote gagal mengirimkan sinyal perubahan suhu ke unit AC. Kamu hanya perlu beli remote baru.



7. Banyak bagian yang lain rusak

Kemungkinan alasan teknis lainnya di balik AC nggak dingin adalah kapasitor kompresor yang rusak, papan kontrol yang rusak, termostat rusak, kapiler yang tersumbat, motor yang rusak dan bagian lainnya.



Baca artikel detikproperti, "Ini 7 Penyebab AC Jadi Tidak Dingin" selengkapnya https://www.detik.com/properti/tips-dan-panduan/d-6920800/ini-7-penyebab-ac-jadi-tidak-dingin.